Catatan Penting Memilih Digital SLR

Dalam memilih kamera dan lensa, jangan hanya membaca atau mendengarkan pengalaman orang lain, karena kebutuhan dan tingkat kepuasan tiap orang berbeda-beda . Mencoba sendiri barang yang kita incar merupakan cara yang paling cepat. 
X atau Y
Kenali Kebutuhan Anda 
Tidak ada satu kamera yang dapat memenuhi semua kebutuhan penggunanya. Dengan kata lain tidak ada kamera yang sempurna. Akan tetapi, dengan mengenali karakteristik Anda sendiri dan menentukan arah pemakaian kamera berikut lensa yang akan dibeli merupakan cara yang jitu untuk menentukan pilihan. Semua kamera dan lensa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamera dan lensa yang mampu memenuhi kebutuhan Anda dengan kelebihannya dan memiliki kekurangan yang tidak penting menurut Anda merupakan kamera dan lensa yang tepat untuk jatuh ke genggaman Anda. 

Tentukan Dana 
Setelah mengetahui karakteristik kebutuhan Anda, sesuaikan pilihan Anda dengan dana yang tersedia. Pada saat dana mulai berbicara, seringkali kompromi-kompromi mulai Anda pertimbangkan. Hal yang sering memusingkan adalah menentukan komposisi anggaran antara kamera dengan lensa yang sesuai. Teknologi kamera yang semakin meningkat tentu harus ditebus dengan dana ekstra. Akan tetapi, lensa merupakan investasi yang sangat baik dimasa yang akan datang. 

Kombinasi antara kamera dan lensa harus dicampur lagi dengan perangkat penunjang lain seperti media penyimpanan, tripod, tas, flash dan lain-lain. Tentukan prioritas dan mana yang merupakan kebutuhan yang lebih mendesak. Perangkat-perangkat itu memang tidak semahal lensa dan kamera, namun tidak juga murah. 

Layanan Purna Jual 
Peralatan fotografi tidak murah dan memiliki umur pemakaian. Oleh karena itu pertimbangkan juga layanan purna jual yang ditawarkan oleh pihak penjual. Peralatan yang bergaransi resmi memiliki harga yang lebih tinggi dengan layanan purna jual yang lebih baik. Oleh karena itu kenali reputasi penjual agar jangan sampai layanan purna jual menjadi masalah di kemudian hari.

Subscribe to receive free email updates: