Fujifilm Finepix F550EXR

Fujifilm baru saja merilis kamera compact terbaru, yakni Finepix F550EXR dengan resolusi 16 Megapixel menggunakan sensor EXR CMOS. Finepix F550EXR dilengkapi juga dengan fitur sensor warna filter Array, yang meningkatkan sensitivitas saat resolusi turun. Kemudian ditambah dengan kemampuan untuk dynamic range meningkat. Chip EXR-CMOS baru tersebut mempertahankan tata letak pixel 45 tingkat oktagonal dilihat di Super CCD EXR. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk meningkatkan resolusi pada sumbu horizontal dan vertical. Kamera secara otomatis dapat memilih mode terbaik dari system pengoperasian resolusi terbaik, dynamic range, atau noise, melalui mode otomatis sensor EXR.
Fujifilm Finepix F550EXR
Finepix F550 di pasangkan dengan dengan lensa Fujinon yang memiliki 15x optical zoom, dengan focal length yang sebenarnya mulai dari f/4.4 pada sudut lebar dan f/66.0 pada tele, atau setara dengan 35mm dengan lensa 24mm hingga 360mm. Lens Fujinon tersebut merupakan salah satu lensa terbaik dari Fuji Super EBC, yang menggunakan lapisan untuk mengurangi ghosting dan flare. Aperture maksimum bervariasi, mulai dari f/3.5 ke f/5.3 di seluruh rentang zoom.

Mengingat jangkauan tele yang kuat, image stabilization mekanik jelas merupakan keharusan untuk menghindari terjadinya blur dari goyangan kamera. Untuk itu, Fuji Finepix F550 telah menggunakan stabilisasi sensor shift. Untuk melihat hasil foto dan video, F550 menawarkan layar LCD 3.0 inci dengan resolusi 460.000 titik, karena tidak ada jendela bidik optik atau elektronik pada model ini.

Adapun hasil dari sensor EXR-CMOS diolah oleh prosesor EXR dan dikombinasikan dengan cepat untuk menghasilkan kemampuan merekam 11fps. Di samping itu, F550 EXR juga dapat menangkap video Full HD 1080p pada frame rate yang tidak ditentukan menggunakan kompresi H.264 dengan format MOV. Sementara itu, gambar dapat disimpan dalam format JPEG, dengan kemampuan merekam 320fps.

Salah satu fitur penting dari Fuji F550 adalah GPS built-in, yang dapat secara optional dinonaktifkan untuk menghemat baterai. Bila GPS aktif, anda dapat melacak posisi gambar masing-masing. Menariknya lagi, kamera tidak dapat hanya menunjukkan lokasi sebagai garis lintang dan bujur, tetapi juga dapat menunjukkan nama tempat. Hal tersebut mencakup 500.000 item nama-nama bunga, dan bisa menunjukkan jarak juga arah perjalanan ke lokasi subjek.

Subscribe to receive free email updates: