Empat Lensa Micro Four-Third Panasonic

Panasonic memang serius mengembangankan sistem micro four-third. Saat ini mereka sudah menyediakan opsi lensa micro four third yang cukup lengkap. Dalam beberapa minggu terakhir, yaitu Lumix G 14 mm F2.5 Asph. Pancake, Leica DG Macro-Elmarit 45 mm F2.8 Asph. OIS, Lumix G Vario 7-14 mm F4 Asph dan Lumix G HD 14-140 mm F4-5.8 Asph.
Lumix G 14 mm F2.5 Asph
Lumix G 14 mm F2.5 Asph. Pancake paling menarik disaat lensa tersebut dipasangkan dengan Panasonic GF2, ukurannya masih sangat compact. Paling nyaman dibawa ke mana-mana karena masih bisa disimpan ke dalam saku jaket. Bisa dikatakan, lensa pancake ini wajib untuk dimiliki dan dipilih sebagai lensa yang selalu terpasang di kamera. Sekedar untuk dokumentas, lensa satu ini cukup optimal.
Leica DG Macro-Elmerit 45 mm F2.8 Asph
Untuk situasi pemotretan yang lebih beragam, Panasonic punya lensa Lumix G HD 14-140 mm F4-5.8 Asph. Mega OIS. Di posisi paling lebar, dimensi lensa tersebut memang cukup compact. Namun saat digunakan di posisi tele, dimensinya memanjang karena menggunakan sistem zoom eksternal. Kelebihan dari Lensa Panasonic Lumix G 14 mm F2.5 Asph. Pancake sangat menarik karena memiliki dimensi yang sangat kecil. Ketajaman tinggi, bukaan aperture lebar, autofocus cepat, ringkas dan ringan. Kekurangannya adalah kurang cocok untuk membuat foto portrait.

Untuk yang menyukai portrait dan makro, lensa Panasonic Leica DG Macro-Elmarit 45 mm F2.8 Asph. OIS patut untuk diperhitungkan. Kecepatan F2.8 tersebut dapat dimanfaatkan untuk menciptakan efek blur dan juga menguntungkan saat dipakai di situasi minim cahaya.

Dalam hal ketajaman, Panasonic Leica DG Macro-Elmarit 45 mm F2.8 Asph. OIS memiliki ketajaman paling yang istimewa. Tidak bisa dipungkiri kalau Panasonic berani memasang nama Leica di lensa tersebut, gambar yang dihasilkannya memang sangat tajam. Kekurangan dari lensa ini adalah aplikasi lensa terbatas dan harga yang relatif mahal.

Lumix G Vario 7-14 mm F4 Asph
Lumix G Vario 7-14 mm F4 Asph memiliki cakupan yang sangat lebar. Lensa ini cocok untuk Anda yang sangat suka dengan fotografi landscape. Efek lensa tersebut akan membuat bentang pemandangan alam yang indah dapat terlihat lebih dramatis. Untuk keperluan dokumentasi, lensa ini lebih bisa menangkap suasana sehingga foto dokumentasi akan lebih bercerita. Namun saat digunakan memotret orang, lensa super lebar seperti ini akan menimbulkan distorsi bentuk yang berlebihan.

Lumix G HD 14-140 mm F4-5.8 Asph
Walaupun memiliki sedikit kelemahan dalam hal distorsi dan kecepatan autofocus, lensa Lumix G HD 14-140 mm F4-5.8 Asph. Mega OIS memiliki rentang focal length yang paling fleksibel. Selama digunakan diluar ruangan dengan kontras yang cukup tinggi, masalah autofocus lensa tersebut tidak terlalu menganggu. Kelebihan dari lensa ini, rentang focal length lebar, ukuran compact dan ringan. Kekurangan, ketajaman di posisi tele kurang, autofocus kurang akurat dan ada distorsi barrel.

Subscribe to receive free email updates: