Pentax K-5 Fitur Kamera Terlengkap

Di kalangan pecinta fotografi, Pentax selalu dikenal karena sering meluncurkan digital SLR baru dengan tawaran fitur kamera terlengkap. Untuk melanjutkan generasi K-7, Pentax baru saja mengenalkan K-5 yang memiliki konfigurasi fitur yang hampir tak tertandingi. Desain bodi dan sistem pengoperasian Pentax K-5 sangat mirip dengan Pentax K-7. Bisa dibilang desain yang digunakan pada K-5 adalah pengulangan K-7.
Pentax K-5
Pentax K-5 ini masuk dalam kelas semi professional dan memiliki fitur kamera terlengkap, karena segmen yang dibidiknya sangat serius, Pentax menanamkan sensor CMOS beresolusi 16.1 Megapixel pada K-5. Untuk memenuhi tuntutan professional akan bodi yang berkualitas, Pentax K-5 menggunakan bodi berbahan dasar polycarbonate bermutu tinggi yang diproses secara sempurna dan kerangka kamera berbahan magnesium, tuntutan professional. Dengan dilengkapi seal pelindung debu dan air untuk setiap celah di bodinya, Pentax K-5 bisa digunakan dalam segala bentuk perubahan cuaca. Dengan fasilitas tersebut , K-5 tetap memiliki dimensi bodi yang cukup compact dibandingkan kamera lain di kelasnya sehingga tetap terasa nyaman di tangan.

Supaya bisa berkompetisi dengan kompetitornya, Pentax K-5 juga memasang layar LCD 3.0 inci beresolusi 921.000 pixel yang mampu menampilkan gambar dengan sangat cerah dan tajam. Untuk memudahkan pengoperasian kamera, K-5 dilengkapi dengan tombo “INFO” yang akan menampilkan semua parameter penting tersebut ditampilkan dengan jelas dan ringkas. Untuk mengatur pilihan parameter dan menyesuikan nilainya dapat dilakukan dengan mudah tanpa masuk ke dalam menu.

Saat menekan tombol “INFO” untuk ketiga kalinya akan muncul spirit level pada layar LCD K-5. Fitur tersebut cukup berguna untuk menyesuaikan posisi kamera tersebut secara horizontal pada saat pengaturan komposisi gambar.

Pentax K-5 menerapkan sistem image stabilizer pada sensonya. Selain itu, fitur sensor cleaning akan bekerja secara otomatis setiap kali kamera tersebut dinyalakan. Dengan demikian kebersihan sensor dapat terjaga setiap kali akan digunakan.

Untuk mode pemotretan Pentax K-5 menggunakan tombol tersendiri yang terletak di sisi-sisi di bagian depan dekat tombol shutter dan satu di bagian belakang, dipasang untuk memudahkan pengaturan parameter penting seperti aperture dan kecepatan shutter. Parameter-parameter ISO dan kompensasi pencahayaan dapat diatur secara cepat karena memiliki tombol tersendiri yang letaknya cukup ergonomis.

Meskipun digital SLR lain juga memiliki konseip kamera yang baik, namun Pentax K-5 memiliki kemampuan konfigurasi parameter kamera yang nyaris tak tertandingi. Yang tak kalah menarik, Pentax K-5 juga dilengkapi filter digital yang dapat membuat gambar akhir menjadi lebih unik. Pentax K-5 memiliki filter digital dengan efek Toy Camera, Retro, High Contrast, Soft, Star Filter dan Fish Eye, Filter tersebut dapat bekerja dengan cukup baik. Filter digital tersebut bekerja seperti Filter yang terdapat pada Olympus E-5.

Untuk mendapatkan gambar yang lebih sempurna, Pentax K-5 juga dilengkapi dengan fitur HDR, dynamic range optimization dengan fasilitas koreksi untuk area shadow dan highlight, noise reduction untuk ISO tinggi dan pengambilan gambar dengan kecepatan shutter lambat, multiple exposure untuk sembilan frame, fasilitas koreksi distorsi lensa dan chromatic aberration dan masih banyak lagi. Dengan demikian, Pentax K-5 dapat beradaptasi dengan berbagai situasi pemotretan. Bagi yang menginginkan kamera berfitur lengkap dan daya tahan yang baik, Pentax K-5 adalah pilihan yang baik. Kekurangan dari kamera ini adalah fitur video yang masih kurang sempurna dan noise gambar yang cukup tinggi. Harga Pentax K-5 bodi kit $1,749.95.

Subscribe to receive free email updates: