Nikon D4 :Camera DSLR Professional Multimedia

Nikon baru saja mengumumkan kamera DSLR Profesional terbarunya, dengan nama Nikon D4. Kamera full-frame ini, dilengkapi dengan resolusi 16,2 Megapixel, dan memiliki kemampuan menembak 10 fps, dengan auto focus penuh. Nikon menggambarkan kamera terbarunya sebagai kamera DSLR multimedia.
Nikon D4
Nikon D4 di rancang untuk menangkap subjek dengan kecepatan tinggi. Dengan 51 point AF sistem yang telah ditingkatkan, kamera ini mampu mengambil gambar dengan akurat dan cepat. Dengan sensor CMOS 16,2 Megapixel dan dilengkapi dengan prosesor terbaru EXPEED 3, gambar dan video yang dihasilkan akan sangat menakjubkan. Nikon D4 dilengkapi dengan 91.000 pixel warna menggunakan 3D matriks, dengan sensitivitas ISO yang luas, mulai dari ISO 100 hingga ISO 12.800 (dapat ditingkatkan lagi menjadi ISO 50-204.800).

Kecepatan Nikon D4 dalam merekam gambar mencapai 0,012 detik, dengan resolusi penuh JPEG atau RAW dalam 10 fps menggunakan AF/AE atau sampai dengan 11 fps dengan AF/AE terkunci. Sistem sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti untuk menangkap subjek yang bergerak cepat dan melacak focus dengan presisi atau dalam menentukan sebuah titik AF tunggal dengan akurasi tinggi.

Inovasi yang cukup menakjubkan dari Nikon D4 adalah fitur baru yang inovatif, khususnya bagi professional multimedia yang membutuhkan gear terbaik dengan fleksibilitas tinggi. Fitur video mampu merekam dengan kualitas Full-HD dengan berbagai pilihan resolusi dan frame rate, termasuk 30/24 fps pada 1080p dan 60 fps pada 720p. Dengan memanfaatkan metode B-Frame kompresi data, pengguna dapat merekam H.264/MPEG-4 AVC, yakni format video dengan integritas yang tak tertandingi sampai 20 menit per klip. Format ini juga menjadikan data video menjadi lebih akurat.

Pada mode video, pengguna dapat mengoperasikan dengan kontrol manual, dan menyesuaikan pengaturan kecepatan shutter, aperture dan ISO, yang dapat diubah ketika sedang merekam, untuk beradaptasi dengan pencahayaan dan mengubah Depth of Field untuk hasil sinematik professional dan kreatif. Pengguna juga dapat menambahkan LCD eksternal melalui output port HDMI, serta menambahkan akses rekaman audio yang dapat diatur dan dipantau pada layar LCD kamera, dengan headsheat dan microphone terpasang.

Pada bagian belakang terdapat LCD yang cukup besar, dengan ukuran 3,2 inci dan didukung dengan 921.000 pixel. Dalam hal ini, pengguna juga dapat memperbesar hasil gambar sampai dengan 46x, untuk memeriksa focus utama. Sementara untuk lensa, kamera ini kompatibel dengan optik terbaik yang ditawarkan jajaran Nikkor Lens.

Bodi Nikon D4 dirancang menggunakan magnesium alloy, yang menjamin ketahanan maksimum dan ketangguhan dalam penggunaan di alam terbuka, bahkan pada kondisi cuaca ekstrim sekalipun. Kontruksi bodi dilapisi karet tebal bertekstur yang kuat, serta tahan terhadap kotoran dan kelembaban, termasuk interferensi elektromagnetik.

Fotografer dapat dengan mudah membidik subyek, melalui viewfinder optik yang cerah, yang menawarkan cakupan frame 100%. Rana ini telah diuji untuk menahan 400.000 siklus untuk daya tahan maksimal, saat membersihkan sensor, kinerja OLPF bergetar cukup halus dan rapi. Viewfinder dilapisi dengan perisai termal baru yang bekerja untuk menahan panas, dan dapat digunakan dalam waktu lama, untuk meningkatkan keandalan secara keseluruhan. 

Pengguna sekarang dapat secara otomatis menghasilkan data IPTC untuk foto mereka dan set gambar, membuat pengorganisasian dan mencatat gambar lebih mudah. Selanjutnya para pengguna dimudahkan juga dengan port kabel Ethernet, yang memungkinkan pengguna dapat menembak gambar dan mentransfernya dengan mudah dan cepat di layar. Nikon D4 juga dilengkapi dengan pemancar nirkabel WT-5A baru, untuk mengirim gambar melalui server FTP atau komputer.

Subscribe to receive free email updates: